Sabtu, 28 November 2009

PENDIDIKAN SENAM

SENAM adalah aktifitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan warming up untuk cabang olahraga lain .Berbeda dengan cabang olahraga yang lain yang mengukur hasil aktifitasnya pada obyek tertentu maka senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dan komponen-komponen kemampuan motorik seperti kekuatan,kecepatan,keseimbangan,kelentukan,agilitas dan ketepatan.Senam pendidikan pada jenjang SMA dilaksanakan sesuai kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan materi senam lantai,senam alat , senam irama dan senam standen.

ANDA PENGUNJUNG KE :

TEKNIK DASAR SENAM LANTAI GULING KEDEPAN

TEKNIK SENAM LANTAI MERODA/BALING-BALING

TEKNIK DASAR SENAM AEROBIK

SENAM AEROBICS GYMNASTICS

MEREKA TANPA NARKOBA

MEREKA TANPA NARKOBA

Klasifikasi pendidikan senam

1.Aktivitas kebugaran : Daya tahan dan kekuatan otot, kekuatan aerobik, kelincahan.

2.Ketangkasan dan berguling : secara individu dan berpasangan 2 orang atau lebih

3.Aktivitas senam dengan menggunakan alat : perlengkapan tangan, alat-alat yang besar). Penggabungan program aktivitas pendidikan bermain, dansa, dan senam menghasilkan anak didik yang penuh ketrampilan.Tingkat penguasaan tergantung pada tingkat perkembangan peserta didik dan keahlian pelatih (pengalaman pelatih)Aktivitas bermain, dansa dan senam hanya sebagai alat untuk memperoleh pengalaman gerak

Permainan tingkat dasar : permainan sederhana (play)Permainan dengan aturan : permainan dengan memakai aturan pertandingan, dengan bimbingan pelatih, kesepakatan Permainan olahraga : dengan aturan baku (resmi), terarah, atau dengan standar turnamen .

Stabilisasi diartikan sebagai kemampuan menguasai keseimbangan. Klasifikasi dari kesimbangan memberikan konsep kesimbangan yang meliputi berbagai gerak aksial dan untuk mengontrol keseimbangan individu..Stabilitas merupakan dasar utama dari gerak tubuh individu, merupakan gerak dasar yang efisien yang akan diteruskan pada gerak lokomosi dan manipulasi.Contoh : Membungkuk, stretching, pivoting, mengelak, menghindar, berjalan diatas balok keseimbangan Lokomotor diartikan sebagai perubahan atau perpindahan posisi tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain, dari satu titik ke titik yang lain.Contoh dari gerakan lokomosi adalah melompat keatas, rebound dalam permainan bola basket, lompat tinggi, (lokomosi merupakan dasar dari pengembangan fase ketrampilan olahraga ) Non Lokomotor artinya bergerak tanpa perubahan atau perpindahan posisi tubuh ketempat lain namun menggunakan axial atau sumbu sendi tubuh.Contoh dari gerakan non lokomotor adalah passing bawah dan pasing atas pada permainan bola voly. Manipulasi diartikan sebagai pemberian suatu kekuatan dan menangkap obyek-obyek dengan menggunakan tangan, dan kaki.Kemampuan gerakan manipulasi otot besar dikembangkan pada tahap akhir setelah keseimbangan dan lokomosi Melempar lembing, menangkap bola sepak, melempar bola base ball, merupakan contoh dari ketrampilan gerakan manipulasi

FLIK FLAK SENAM LANTAI

SENAM ARTISTIK SALTO DEPAN

LINK KE PERGURUAN TINGGI NEGERI :

SEJARAH SENAM

sejarah kuno senam bangsa cina merupakan yang pertama mengembangkan kegiatan yang menyerupai senam dokumen menunjukkan senam untuk tujuan militer dan pengobatan sedang sejarah senam di Mesir,Jepang,Persia,India disinggung latihan fisik untuk persiapan perang dan mesir yang menunjukkan bukti lukisan senam standen bentuk piramida dan gerakan keseimbangan dari seni senam antara tahun 2001 - 2000 sebelum masehi sedang Bangsa Yunani purba memberi penghargaan tinggi pada latihan fisik . Dan kata GYMNASTICS yang berarti SENAM TELANJANG dari bahasa yunani purba.
Bangsa Romawi memasukkan latihan fisik yang keras ke dalam program pendidikan ketentaraan mereka diantara alat senam peninggalan mereka ada senam kuda-kuda dan kegiatan itu sambil memegang pedang atau tombak tak dapat diragukan lagi tujuan kegiatan itu untuk persiapan perang

SENAM

Menurut arti bahasa , senam adalah terjemahan dari kata “Gymnose” yang berarti telanjang. Dimaksud agar gerakan dapat dengan mudah dilakukan tanpa gangguan sehingga gerakan yang ditampilkan menjadi sempurna. Jadi pengertian senam sendiri adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis (Imam Hidayat,1981: 2). Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dalam masyarakat.cabang olahraga senam sendiri terdiri atas beberapa disiplin. Yaitu: senam Artistic, Ritmik Sportif, Aerobic Gymnastics, dan General. Dalam pembelajaran senam, sukar atau mudahnya suatu bentuk latihan gerakan ditentukan oleh besar kecilnya unsur kelentukan, kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan yang terdapat pada bentuk latihan gerakan itu. Dalam hal ini yang menyebabkan sukar dan mudahnya melakukan bentuk latihan gerakan ditentukan oleh atletnya sendiri.

7

Senam aerobik adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobik seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok (Amrun Bustaman,1992: 5).

Seperti halnya olahraga yang lain,senam aerobik juga memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:

1. Low Impact

2. Mix Impact

3. High Impact

2.1.1 Senam Low Impact

Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobik dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobik, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. orangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

2.1.2 Senam Mix Impact

Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. Senam aerobik yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita

2.1.3 Senam High Impact

Senam ini sangat berat dilakukan,karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan- lompatan.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah.

Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik, yang terdiri dari aktifitas aerobik tradisional. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG, 2005-2008).

2.2 Komponen Aerobic Gymnastics

Dalam cabang olahraga senam Aerobic Gymnastics terdapat komponen yang terkandung didalamnya. Pada saat ini kategori-kategori yang dilombakan dalam Aerobic Gymnastics pada world championship adalah individual women, individual men, mixed pair (couple),dan trio, groups. Sedangkan jumlah peserta dari masing-masing kategori adalah

1. Individual women pesertanya satu orang atlet putri.

2. Individual men pesertanya satu orang atlet putra.

3. Mixed pair (couple) pesertanya satu orang atlet putera dan satu orang atlet puteri.

4. Trio pesertanya tiga orang atlet, semua atlet putra, semua atlet putri, atau campuran.

5. Groups pesertanya enam orang atlet, semua atlet putra, semua atlet putri atau campuran.

Podium yang digunakan untuk pertandingan Aerobic Gymnastics dengan ukuran panjang minimal 14 meter, lebar minimal 14 meter dan tinggi antara 80-140 centimeter. Sedangkan lantai untuk kompetisi harus berukuran panjang 12 meter dan lebar 12 meter, dimana untuk kategori individual women, individual men, mixed pairs, dan trio ukuran area kompetisi adalah pnjang 7 meter dan lebar 7 meter. Untuk kategori groups ukuran area kompetisi adalah panjang 10 meter dan lebar 10 meter. Pembatas area kompetisi ini dapat dilakukan dengan memberikan tanda garis hitam berukuran 5 centimeter. Garis hitam pemisah ini termasuk dalam ukuran area kompetisi.

Aerobic Gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam, nomor ini terdiri atas 12 elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1 menit 40 detik hingga 1 menit 50 detik. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan, yang meliputi 3 elemen penting yang dinilai dalam Aerobic Gymnastics yang meliputi artistic, execution, dan difficulty.

Hal-hal tertentu yang dipenuhi pada elemen artistic adalah sebagai berikut:

1. Harus memperliatkan kreatifitas, dan koreografi harus memperliatkan muatan olahraga-olahraga tertentu, berbagai macam gerakan harus mempunyai hubungan yang erat dengan musik, gerakan dan ekspresi menyambung dan menyatu dengan irama musik.

2. Tema gerakan tidak boleh mengenai kekerasan, rasis, dan seks.

3. Untuk kategori mixed pairs, trio, dan groups meliputi gerakan partnership (angkatan) pada pembukaan dan penutupan penampilan.

Untuk elemen execution semua garakan harus ditampilkan secara sempurna tanpa terdapat kesalahan sedikitpun untuk menghindari pemotongan nilai, sedangkan untuk difficulty rangkaian gerak harus menunjukkan keseimbangan antara elemen-elemen di udara, di permukaan, dan di lantai. Beberapa hal khusus pada elemen difficulty adalah:

1. Sebuah elemen yang tidak memenuhi ketentuan minimum juga dihitung dalam 12 elemen tetapi nilainya 0.

2. Maximum dari 12 elemen yang boleh ditampilkan oleh masing-masing peserta.

3. Nilai dari difficulty adalah nilai-nilai dari 12 elemen yang ditampilkan.

4. Semua elemen yang ditampilkan harus dari nama-nama elemen yang berbeda dan tergabung dalam 4 keluarga.

5. Minimum 1 elemen harus ditampilkan dari masing-masing keluarga dari pengelompokan elemen.

6. Maximum 6 elemen dilantai (ternasuk mendarat dilantai saat split).

7. Maximum 2 elemen mendarat dalam posisi push up yang ditampilkan.

Pengelompokan elemen adalah sebagai berikut:

1. Grup A terdiri push up, leg circle, cut, helicopter, wenson, plio push up, a-frame, flair dan capouera

2. Grup B terdiri dari support dan levers.

3. Grup C terdiri dari jump dan leaps.

4. Grup D terdiri dari grup fleksibilitas yang meliputi turn, balance, high leg kicks, split dan frontal split.

Penilaian pada penampilan Aerobic Gymnastics untuk elemen artistik maksimum 10 poin dengan menggunakan kenaikan nilai 0,1 dimana yang dinilai komposisi dari :

1. Koreografi dengan nilai maksimum 4 poin yang terdiri dari:

a. Kesesuaian musik deengan koreografi (maksimum 1 poin).

b. Intensitas gerakan (maksimum 1 poin).

c. Kreatifitas gerakan (maksimum 2 poin).

d. Pergerakan penguasaan lapangan (maksimum 1 poin)

2. Isi dari Aerobic Gymnastics dengan nilai maksimum 4 poin yang terdiri dari:

a. Tujuh langkah dasar dan kekhususan isi (maksimum 2 poin).

b. Transisi dan keterkaitan (linking) maksimum1 poin.

c. Pemanfaatan ruang (maksimum 1 poin)

3. Penampilan dengan nilai maksimum 2 poin terdiri dari:

a. Showmanship (ekspresi) maksimum 1 poin.

b. Ketepatan waktu (maksimum 1 poin).

Sedangkan untuk elemen execution maksimum10 poin dimana berlaku pengurangan nilai jika terjadi kesalahan- kesalahan, yang dinilai dalam ini adalah kemampuan teknik untuk semua kategori lomba, dan sinkronisasi gerak yang dinilai khususnya pada kategori mixed pairs, trio, dan groups.

Elemen difficulty yang dihitung adalah jumlah elemen yang ditampilkan, 12 elemen pertama yang ditampilkan diberikan nilai oleh wasit dan juri antara 0,1-1 dan jika lebih dari 12 elemen diberikan pemotongan nilai (execution). Jadi jika semua elemen memperoleh nilai maksimum maka memperoleh 12 poin. Jarang sekali ada atlet yang mampu memperoleh nilai maksimal ini. Element of difficulty adalah pilihan, tetapi pada kejuaraan internasional untuk tingkat senior, minimal elemen difficulty memiliki nilai 0,3. Untuk elemen-elemen yang nilainya 0,1 dan 0,2 tidak diperhitungkan sebagai elemen dan dianggap sebagai koreografi.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
 

Copyright © 2009 by senam artistik